Bamuskal Mengikuti Rapat Persiapan Deklarasi Kalurahan Anti Politik Uang

10 September 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 41 Kali
Bamuskal Mengikuti Rapat Persiapan Deklarasi Kalurahan Anti Politik Uang

Telah diselenggarakan Rapat Persiapan dalam rangka Deklarasi Desa Anti Politik di Kalurahan Guwosari. Rapat tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 10 September 2024 di ruang aula kalurahan Guwosari. Rapat ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan acara, diantaranya Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku Lurah, Ketua Bawaslu Bantul Bapak Didik Joko Nugroho, S.Ant., M.IP, Bapak Anjar Arintaha selaku Panewu Pajangan, Bapak  H. Muhaimin, S.Th.I., M.H selaku ketua Bamuskal Guwosari, anggota Bamuskal Guwosari, serta tamu undangan yang terdiri dari pamong dan perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

Sambutan awal dalam kegiatan rapat ini disampaikan oleh Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku Lurah Guwosari. Dalam sambutannya tersebut, beliau menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan rapat persiapan ini sebagai langkah awal dalam membentuk kader anti politik uang dan memastikan deklarasi dapat berjalan maksimal sesuai dengan visi&misinya.

Selanjutnya sambutan oleh Ketua Bawaslu Bantul, Bapak Didik Joko Nugroho, S.Ant., M.IP, yang menjelaskan berkaitan pentingnya deklarasi anti politik uang serta peran kader dalam mencegah praktik politik uang menjelasng Pilkada tahun 2024. Menurut beliau, hal ini perlu keterlibatan semua pihak untuk memastikan integritas proses pemilihan.

Pada kesempatan rapat kali ini, sekaligus pembentukan kader anti politik uang yang akan dilibatkan dalam proses deklarasi. Nantinya, kader yang terpilih akan diberikan pelatihan serta pembekalan supaya mampu menjalankan tugasnya dengan efektif. Tujuan lainnya, supaya kader mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak negatif politik uang. Sesuai dengan keputusan bersama dalam rapat, terpilih Bapak  H. Muhaimin, S.Th.I., M.H sebagai koordinator kader desa anti politik uang Kalurahan Guwosari. 

Selain itu, rapat ini juga membahas terkait dengan persiapan acara deklarasi yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 September 2024 di GOR Kalurahan Guwosari. Dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab sebagai wadah menjawab berbagai pertanyaan dan memastikan seluruh aspek persiapan telah dipertimbangkan secara matang.

Dengan rapat persiapan ini, diharapkan acara deklarasi pada 21 September 2024 dapat berlangsung dengan maksimal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. (Venni)