KKNM-18735 UNY: Pengaplikasian Peta Wilayah Padukuhan Pringgading Berbasis Google My Maps

02 Oktober 2024
KKN UNY
Dibaca 40 Kali
KKNM-18735 UNY: Pengaplikasian Peta Wilayah Padukuhan Pringgading Berbasis Google My Maps

Pringgading merupakan salah satu Padukuhan di wilayah Kalurahan Guwosari, Bantul yang mempunyai luas wilayah sekitar 150 hektar. Dengan berjumlah 10 RT tidak bisa dipungkiri bahwa luas wilayah Padukuhan Pringgading menjadi salah satu Padukuhan terbesar di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, dengan jumlah jiwa kurang lebih 1.500 membuat Padukuhan ini memiliki pemetaan masyarakat yang beragam. Tidak hanya masyarakat asli Pringgading, namun didalamnya juga terdapat masyarakat perumahan. Dengan hal itu, Tim KKNM 18735 mempunyai program kerja yakni pembuatan peta wilayah Padukuhan Pringgading yang juga bisa diakses secara online dengan cara meng-scan barcode yang tersedia. 

(Tampilan  peta wilayah Padukuhan Pringgading pada google my maps )

Ketika pengguna meng-scan barcode yang tersedia, mereka akan langsung beralih halaman ke google my maps yang didalamnya sudah terpetakan wilayah RT 1-10, lokasi masjid, rumah ketua RT, hingga sekolahan.

Peta digital ini tidak hanya menawarkan kemudahan dalam menemukan lokasi secara cepat, tetapi juga menjamin akses yang lebih tahan lama, bahkan jika peta fisik rusak oleh waktu.

Menurut Ketua RT 5 “Ini merupakan sebuah inovasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Pringgading maupun pendatang, mereka diberikan kemudahan ketika mencari titik yang dituju” Ujarnya.

Maka dari itu, peta digital yang dibuat oleh Tim KKNM 18735 tidak hanya membantu warga setempat dalam mengenali wilayah mereka, tetapi juga sangat membantu para pendatang yang belum familiar dengan tata letak wilayah Padukuhan Pringgading.

Dengan adanya peta wilayah ini, masyarakat tidak perlu lagi bingung mencari lokasi tertentu, seperti rumah Ketua RT, masjid, atau fasilitas umum lainnya. Banyak warga yang sebelumnya sering kebingungan mencari lokasi tertentu karena tata letak Padukuhan yang kurang rapi kini bisa dengan mudah menemukan lokasi yang dituju hanya dengan menggunakan ponsel mereka.

Disamping itu, inovasi ini sangat sesuai dengan kebutuhan zaman yang serba digital, di mana hampir semua orang sudah menggunakan smartphone. Dengan karakter masyarakat digital, Tim KKNM UNY menawarkan sebuah kepraktisan ketika mencari titik lokasi atau penunjuk jalan.

Maka dari itu, Dengan adanya peta digital ini, efektivitas waktu dalam mencari titik lokasi di Padukuhan Pringgading meningkat, dan informasi tetap dapat diakses meski peta fisik sudah tidak layak. Inovasi ini tidak hanya membantu masyarakat dalam orientasi wilayah, tetapi juga mendukung perkembangan teknologi dalam pelayanan publik yang lebih modern dan berkelanjutan.