KKN-PM AMPTA Survey UMKM Tape Mbah Thulkul RT 02 Watu Gedug

16 Oktober 2024
KKN AMPTA
Dibaca 8 Kali
KKN-PM AMPTA Survey UMKM Tape Mbah Thulkul RT 02 Watu Gedug

Guwosari, Rabu 9 Oktober 2024 - Pada pukul 13.00 - 14.00 WIB kami mahasiswa KKN-PM AMPTA Watu Gedug melakukan survey UMKM yang ada di Watu Gedug. Di Watu Gedug terdapat banyak UMKM tape salah satunya adalah tape Mbah Thulkul di RT 02. Tujuan kami mengunjungi UMKM tape ini untuk melihat proses pembuatan tape dan menanyakan olahan apa saja yang dibuat dari tape ini.

 

Proses pembuatan tape ini berlangsung selama 4 hari. Proses pembuatan tape sendiri yaitu mulai dari singkong dikupas, kemudian dibersihkan lalu direbus, setelah direbus didiamkan selama 2 hari lalu memasuki proses fermentasi dengan ragi sampai menjadi tape. Tape yang sudah jadi akan dijual di Pasar Niten. Mbah Thulkul sendiri sudah memiliki langganan pembeli tape buatannya. Mbah Thulkul sendiri sekali produksi dapat memproduksi sebanyak 70 kg singkong mentah menjadi tape siap jual. 

 

Di Watu Gedug sendiri belum ada produk UMKM olahan dari tape. Sehingga membuka peluang untuk adanya produk UMKM baru di Watu Gedug. Produk olahan dari tape tersebut nantinya dapat dijual di Kawasan Wisata Lembah Banjaran. Hal tersebut akan menarik wisatawan untuk datang dan berlama-lama di Lembah Banjaran.