Kunjungan KKN-PM AMPTA Watu Gedug Ke TPS Go-Sari

13 Oktober 2024
KKN AMPTA
Dibaca 13 Kali
Kunjungan KKN-PM AMPTA Watu Gedug Ke TPS Go-Sari

Guwosari, Jumat 4 Oktober 2024 - Pada pukul 10.00 - 11.00 WIB kami melakukan kunjungan ke TPS Guwosari yaitu TPS Go-Sari. Di sana kami bertemu dengan Ketua Pengelola TPS yaitu Bapak Nur Muntaha. Kami diajak berkeliling area TPS dan dijelaskan secara rinci oleh ketua pengelola. 

 

Sampah yang datang akan langsung ditangani dan diselesaikan pada hari itu juga. Sehingga tidak ada tumpukan sisa sampah hari kemarin pada hari berikutnya. Penanganan sampah satu hari dilakukan untuk menghindari tumpukan sampah di TPS Go-Sari. Setiap harinya sampah yang masuk ke TPS Go-Sari sekitar 4 ton sampah campuran baik organik maupun non organik. 

 

Pemilahan Sampah

Sampah dipilah sesuai dengan jenisnya karena penanganan nya yang berbeda-beda. Sampah organik biasanya diolah menjadi maggot yang dapat digunakan sebagai alternatif pakan ikan maupun unggas. Kemudian sampah non organik yang memiliki nilai jual akan dipilih ulang seperti botol bekas, dan kaleng bekas. Di TPS Go-Sari ini juga memanfaatkan sampah untuk bahan campuran untuk bahan bangunan seperti konblok.